Tuesday, August 5, 2008

Gereja Katolik dan Ekumenisma II

Ada kenyataan yang mengatakan setiap orang berhak memilih kepercayaan ugama masing-masing dan membuat apa yang boleh membahagiakan mereka. Kenyataan seperti ini mengandaikan bahwa Tuhan tidak kisah ugama apa yang kita masuk asalkan kita bersikap 'baik'. Kesimpulan demikian menyebabkan tidak ada ketetapan pada apa itu kebenaran yang sebenar-benarnya. Ada yang mengatakan kita cuma perlu mempercayai beberapa perkara yang penting sahaja untuk penyelamatan roh kita. Namun kedua-dua kenyataan bercanggah dengan kehendak Tuhan iaitu - Penyelamatan Roh seseorang terletak pada kepercayaan sepenuhnya pada ajaran Gereja Roman Katolik.

Seorang Katolik MESTI mengetahui Doktrin Gereja Katolik ini.
EXTRA ECCLESIAM NULLA SALUS
(Tidak ada penyelamatan di luar ugama Roman Katolik)

Doktrin ini menerangkan bahwa semua agama lain adalah palsu, dan hanya gereja Roman Katolik sahaja yang membawa ajaran sebenar Yesus, yang diperturunkan dari satu generasi ke satu generasi melalui rasulNya - dan penyelamatan bukannya melalui kepercayaan kepada sedikit atau sebahagian dari doktrin ini - tetapi SEPENUHNYA.

Yesus telah memberikan KEBENARAN SEPENUHNYA, iaitu IMAN kepada para rasulNya ('tetapi Penghibur, iaitu, Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang Kukatakan kepadamu' - Yohanes 14:26) Yesus membuat perintah rasulNya mengembangkan ajaran (Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus - Matius 28:19) dan mengatakan tidak ada penyelamatan kepada yang tidak mempercayai ajaran-Nya (Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum - Markus 16:16)

Tuhan MEMENUHI setiap sabdaNya. Tuhan tidak sesuka hati menghantar jiwa ke neraka atau tidak yakin dengan ajaranNya sendiri sehingga menyuruh rasulNya mengembangkan ajaran ke seluruh dunia (barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku, Ia menolak Dia yang mengutus Aku - Lukas 10:16). Para rasul juga sedar sesiapa yang mempercayai ajaran selain dari ajaran yang disampaikan oleh mereka akan kehilangan roh mereka (Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari syurga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia - Gal 1:8)

Tuhan Yesus mengkehendaki ajaran yang disampaikan oleh rasulNya itu diturunkan kepada generasi yang seterusnya (dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Aku menyertai kamu senantiasa sampai ke akhir zaman - Mat 28:20) Kebenaran yang datang dari Tuhan adalah tetap sama dari zaman kurun yang pertama sehinggalah pada hari ini. Kita hanya dapat menyelamatkan roh kita dengan memegang pada doktrin gereja yang benar dan bukan yang palsu. Adalah mustahak untuk kita mencari kebenaran yang sebenarnya, sekurang-kurangnya mempunyai pengetahuan agama RC yang mantap, agar kita tidak mudah jatuh bila timbul ajaran-ajaran yang baru...kerana imam-imam palsu sentiasa bekerja keras.


It is said that everyone must be allowed to believe as they see fit and do what makes them happy. The implication is that God is not very concerned about whether one believes in what is true, for all will be saved as long as they are "nice." Some come to this conclusion by asserting that there does not exist any objective truth for us to adhere to, which in turn leads to a denial of the existence of God. Others say that there exist only a few basic objective truths that we need to believe in order to be saved. Both opinions miss the plain reality of the order established by God – one must believe all and everything that the Catholic Church teaches to be saved.

Church Doctrine that a Catholic MUST know:
EXTRA ECCLESIAM NULLA SALUS
(No Salvation Outside the Roman Catholic Church)

This assertion implies that all non-Catholic religions are false, that only the Catholic Church contains the entire deposit of Truth given to the Apostles by Christ, and that this entire deposit – not a majority of it or a part of it – is necessary for salvation. Christ gave to the Apostles the entire deposit of faith ("The Holy Ghost will teach you all things" John 14:26), told them to pass it on to the world ("Going therefore, teach ye all nations" Matt. 28:19), and threatened damnation for those who did not believe them ("He who believes not will be condemned" Mark 16:16).

He would not have condemned to hell the disbelievers if either it was not important to believe all that the Apostles taught or if He was not certain that the Apostles were teaching the truth ("He that heareth you heareth Me" Luke 10:16). The Apostles themselves knew that all who believed in any way different from their infallible teaching would perish – "But though we, or an angel from heaven, preach a gospel to you besides that which we have preached to you, let him be anathema" (Gal. 1:8).

Christ did not intend for only men who lived in the Apostles' lifetime to know and live the Truth. He ensured that the deposit of faith would be passed on throughout the generations so that all might have an opportunity to believe all that He entrusted to the Apostles – "I am with you all days, even to the consummation of the world" (Matt. 28:20). His truth, the actual truth, never changes, and it is as important to hold it today as it was in the first century. It is only by holding to what is true that we can love and serve God and be saved, for false principles lead to evil actions. Since there is only one truth and it is unchanging and indispensable, it is impossible for more than one of the systems of belief or religions that exist in the world to lead to salvation. Any other position negates the words of Our Lord.

No comments: